Sanjayasan's Blog

latihan membuat blog

Peraturan Menhub tentang Pengawakan Kapal Niaga direvisi


Jakarta — Kementerian Perhubungan memastikan akan merevisi Peraturan Menteri Perhubungan (KM) Nomor 70 tahun 1998 tentang Pengawakan Kapal Niaga.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit menjelaskan, langkah tersebut merupakan salah satu strategi yang akan dilakukan dalam mengatasi krisis tenaga perwira pelaut dalam negeri yang terjadi saat ini.

Menurutnya, Indonesia saat ini kekurangan sedikitnya 18 ribu perwira pelaut untuk kebutuhan pelayaran dalam negeri. Hal itu seiring bertambahnya ribuan kapal di dalam negeri selama beberapa kurun terakhir ini.

”Tetapi revisi yang dilakukan bukan untuk mengurangi komposisi perwira di atas kapal. Revisi akan lebih kepada penyesuaian untuk kapal-kapal tertentu dan wilayah tertentu saja. Misalnya, untuk kapal-kapal yang beroperasi di dalam negeri dan pada jarak-jarak pendek, kita akan buat lebih detail lagi tentang standar pengawakannya. Intinya, kita ingin komposisi perwira yang ’cukup dan cakap’,” katanya di Jakarta, belum lama ini, seperti dikutip dari Le portig, Jumat (30/4).

Bobby menegaskan, pemerintah tidak akan mengambil risiko dengan mengubah kebijakan yang bertentangan dengan aturan komposisi perwira kapal (ship’s manning) sebagaimana yang diatur dalam Bab V Pasal 14 konvensi internasional tentang keselamatan laut (SOLAS) International Maritime Organization (IMO).

”Revisi ini akan kita lakukan dengan sangat hati-hati dan dengan perhitungan yang sangat matang. Karena meski kita kekurangan pelaut, kita tidak mau standar keselamatan pelayaran kita korbankan. Untuk kapal yang beroperasi pada rute pelayaran internasional misalnya, itu pasti tidak akan kita utak-atik,” papar dia.

(new/Le portig)

Dibaca: 101 kali
SocialTwist Tell-a-Friend

Artikel ini dapat dibaca di http://www.primaironline.com/berita/ekonomi/peraturan-menhub-tentang-pengawakan-kapal-niaga-direvisi

Pantau berita-berita terbaru primaironline.com di alamat m.primaironline.com langsung dari ponsel/BlackBerry anda!

Artikel, opini, suara pembaca, dan konsultasi hukum kirim ke redaksi@primaironline.com

Juni 25, 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: